Investasi Model Pemberdayaan Masyarakat 2012

PROGRAM INVESTASI TERNAK  DOMBA

I.           Pendahuluan

GambarKebutuhan akan ternak domba semakin hari semakin meningkat, seiring dengan itupun membuat berbagai pihak tertarik untuk ikut serta dalam berbisnis peternakan domba. Keterbatasan informasi tentang dunia peternakan domba bukan menjadi penghalang bagi siapapun yang sudah ingin bertekad untuk membuka peluang di bidang peternakan domba.

Melihat keterbatasan informasi ini, maka VIlla Domba Cak Arif berusaha membantu dengan “Program INVESTASI DOMBA BETINA”, yaitu suatu Program yang dibuat bagi para pemula maupun profesional yang tertarik untuk membuka peternakan tetapi memiliki keterbatasan seperti tidak memiliki lahan, dalam membuat kandang, belum memiliki tenaga kerja yang handal untuk mengurus domba, ketidaktersediaan pakan yang memadai untuk domba dan masalah lain yang seharusnya tidak terjadi. Program ini menjadikan Peternakan Domba dalam satu kawasan terpadu yang sudah siap huni bagi ternak domba, beberapa sarana yang sudah tersedia dalam kawasan tersebut adalah :

Lahan/Kawasan Terpadu. Peternakan yang akan berdiri merupakan dalam satu kawasan terpadu sehingga bagi siapapun akan lebih mudah dan aman dalam proses pengawasannya, termasuk menekan biaya operasional yang akan timbul dalam bisnis peternakan domba.

Kandang. Saat ini sudah tersedia dan sudah siap huni dengan bentuk kandang koloni maupun individu dengan system panggung  sehingga kebersihan dan kesehatan hewan tenak semakin terjaga, sehingga bagi siapapun yang tertarik dapat langsung memanfaatkan kandang tersebut.

Pakan. Dukungan ketersediaan pakan sepanjang masa dan padang gembalaan yang luas di tepi hutan untuk menjamin keseimbangan nutrisi bagi ternak domba sehingga dapat hasil lebih optimal, . Serta bagi siapapun akan menjadi lebih mudah dengan telah tersedia pada lokasi  INVESTASI DOMBA BETINA.

Kesehatan Ternak. Dibantu oleh supervisi kesehatan hewan untuk memberikan ketenangan bagi peternak untuk memelihara ternak dombanya.

Tenaga Kerja. Memang tidak mudah untuk mencari tenaga kerja yang memadai untuk bisa memelihara ternak domba khususnya yang amanah dalam memeliharanya, pada kawasan INVESTASI DOMBA BETINA telah disediakan tenaga kerja yang dididik dan terawasi oleh VIlla Domba Cak Arif sehingga akan lebih nyaman bagi para pelaku peternakan.

Ketersediaan Bakalan/Bibit. Dalam rangka memulai bisnis peternakan domba ini maka diperlukan bakalan/bibit yang memenuhi standar untuk sebuah peternakan. VIlla Domba Cak Arif akan menyediakan ternak dengan sistem timbang hidup berat badan yang akan lebih adil dan jelas terukur bagi siapapun, sehingga peternak akan lebih bisa memperhitungkan biaya yang timbul dari pendirian peternakan ini.

Management Farm. VIlla Domba Cak Arif akan berfungsi sebagai supervisi dan supporting system bagi peternakan pada Kawasan INVESTASI DOMBA BETINA, sehingga diharapkan peternakan dombanya akan tetap pada jalur yang tepat untuk mendatangkan keuntungan dan memberikan rasa aman bagi para peternak domba.

Jaminan Pasar. Menjadi penting dalam menjalankan usaha adalah adanya kepastian pasar disaat ternak domba sudah siap dijual. Pembelian juga akan dilakukan dengan sistem timbang hidup berat badan dan pembayaran dilakukan  cash saat penimbangan selesai dilakukan.

Program INVESTASI DOMBA BETINA adalah BUKAN merupakan program investasi seperti layaknya menanamkan modal pada VIlla Domba Cak Arif. Tetapi program ini dibuat untuk menjadikan siapapun siap untuk menjadi investor dan peternak domba. Program ini adalah metode baru yang pertama dan satu-satunya yang ada dengan konsep seperti ini. Semua pihak yang bergabung dengan Program INVESTASI DOMBA BETINA, maka ia telah menjadi/memiliki peternakan pada kawasan tersebut. 

Seperti layaknya bisnis pada umumnya, resiko dalam bisnis peternakan akan tetap selalu ada, hanya saja diharapkan dengan cara seperti ini akan jauh lebih bisa ditolerir dan akan bisa diinfentaris jauh-jauh hari.

Program INVESTASI DOMBA BETINA memfokuskan diri pada pembibitan domba, untuk sementara waktu belum pada tahapan penggemukan. Hal ini menjadi fokus VIlla Domba Cak Arif selama tahun 2011 ini dikarenakan tingginya pemotongan betina produkif sebagai ternak potong. Sebagai langkah awal Kawasan INVESTASI DOMBA BETINA akan berdiri di daerah Kab. Bojonegoro dengan daya tampung mencapai 800 ekor, tetapi tahap pertama akan dibuka untuk 200 ekor.

Jadi, bagi siapapun yang ingin menjadi peternak domba, VIlla Domba Cak Arif harapkan bisa bergabung karena ini adalah Metode baru dalam Beternak Domba Tanpa Harus Membeli Lahan dan Tanpa Harus Membangun Kandang. Selamat bergabung menjadi peternak domba. Happy Farming!!!.

II.         Visi dan Misi

a.    Visi Program INVESTASI DOMBA BETINA :

“Bersama-sama Menjadi Pertama dan Terbesar sebagai Pembibit Ternak Domba dalam satu Kawasan Terpadu”.

b.    Misi Program INVESTASI DOMBA BETINA :

  • Menjadikan siapapun siap untuk menjadi peternak domba yang sukses.
  • Memberikan cara yang lebih muda dan terukur dalam mendirikan peternakan domba.
  • Memberikan jaminan kepastian supply dan pasar bagi setiap mitra peternak domba.
  • Menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan bagi berdirinya suatu peternakan domba.

 

III.       Mekanisme Kerjasama

Pola kerjasama yang dikembangkan dalam Program INVESTASI DOMBA BETINA adalah memadukan berbagai stakeholder peternakan domba dalam satu kawasan terpadu, sehingga diharapkan akan lebih mudah memonitor dan mampu menekan biaya yang timbul. VIlla Domba Cak Arif selaku pendesain Program INVESTASI DOMBA BETINA akan berfungsi sebagai Farm Manager dari para peternak yang terlibat dalam Kawasan INVESTASI DOMBA BETINA sekaligus sebagai penyedia supporting system yang dibutuhkan dalam berdiri dan jalannya peternakan domba, seperti penyedia lahan, kandang, pakan, obat-obatan kesehatan, tenaga kerja, bakalan/bibit dan jaminan pembelian kembali.

Jenis kontrak yang terjadi dalam Program INVESTASI DOMBA  BETINA antara Investor dan  Kelompok ternak binaan  VIlla Domba Cak Arif adalah investasi ternak betina, sehingga 100% ternak tersebut adalah menjadi milik Investor yang tergabung dalam Program INVESTASI DOMBA BETINA dan VIlla Domba Cak Arif akan melibatkan diri dalam proses pemeliharaan sampai dengan panen. Sehingga tidak akan pernah membatasi para peternak untuk berkunjung dan terlibat dalam proses peternakan, dengan tetap berkonsultasi dengan VIlla Domba Cak Arif sebagai penanggung jawab lapangan.

IV.      Asumsi Perhitungan Usaha Program INVESTASI DOMBA BETINA

Pola keuangan yang coba dilakukan dalam Program INVESTASI DOMBA BETINA adalah merubah seluruh biaya fixed cost menjadi variabel cost sehingga akan lebih mudah dalam memperhitungkan biaya-biaya yang akan keluar dalam perputaran usaha. Termasuk menghindari mahalnya pembelian lahan dan biaya pembangunan kandang. Adapun hitungan sederhana untuk Program INVESTASI DOMBA BETINA ini adalah sebagai berikut :

Investasi Program  DOMBA BETINA

Uang yang di investasikan keseluruan untuk pembelian Indukan Domba baik Ekor gemuk ataupun Ekor Tipis ataupun jantan unggul dan obat-obatan / kelompok ternak yang tak lebih dari 10% dari investasi.

Beberapa asumsi yang digunakan adalah :

  • Jenis Ternak yang dikembangkan adalah domba ekor gemuk ataupun ekor tipis.
  • Ternak domba betina diterima dalam keadaan kebuntingan 3-4 bulan.
  • Berat ternak domba betina bunting diasumsikan seberat 28 kg.

Masa Pemeliharaan adalah selama 150 hari. Dengan perincian pemeliharaan kebuntingan 90 hari dan persiapan lepas sapi 60 hari.

Pemasukan Program   INVESTASI DOMBA BETINA

Adapun asumsi dalam perhitungan pemasukan dalam Program INVESTASI DOMBA BETINA adalah :

  • Harga per kg pembelian sebesar Rp 26.000,-/Kg jantan dan 20.000 /kg betina sesuai dengan berat badan ( Harga di sesuaikan dengan pasaran ).
  • Jumlah cempe yang diasumsikan antara 1 atau 2 ekor, walaupun kesempatan melahirkan lebih dari 2 ekor sangat memungkinkan atau rata rata jumlah cempe 1,5 ekor.
  • Berat cempe sampai dengan lepas sapih akan berkisar 13-15 Kg.
  • Domba beranak efektif  3 kali dalam 2 tahun
  • Pola  bagi hasil  50%  peternak binaaan dan 10%  kesehatan dan kelompok penanggung jawab program sedangkan 40%  investor

Jadi kalau mempunyai domba betina 10 ekor dan di pelihara selama 2 tahun maka investor mempunyai keuntungan :

3 kali beranak   x  1,5  ekor cempe  x  10  ekor indukan  =  45  ekor 

45  ekor cempe  x  14 kg x 23.000/kg  =   Rp.  14.490.000

Untuk  Investor                =   40%  x  14.490.000                      =  Rp. 5.796.000

Peternak                             =   50%  x  14.490.000                      =  Rp. 7.245.000

Kelompok                           =   10%  x  14.490.000                      =  Rp. 1.449.000

Biaya yang dikeluarkan dalam perhitungan biaya operasional tidak dilakukan pengurangan pada Pemasukan karena biaya operasional itu diberikan kepada induknya yang tetap menjadi aset yang dimiliki oleh investor. Sedangkan cempe relatif lebih banyak memanfaatkan susu induknya dalam hidup kesehariannya, walaupun memang akan tetap mengkonsumsi hijauan dalam jumlah yang relatif kecil. Berdasarkan asumsi perhitungan tersebut maka seorang peternak akan memiliki pendapatan setara dengan Rp 241.500,-/ekor/bulan atau 3% per bulannya dengan penuh kebarokahan . Menjadi penting untuk sama-sama dipahami adalah setiap usaha sangat memungkinkan untuk mengalami kerugian, artinya VIlla Domba Cak Arif  ingin semua pihak memahami bahwa kerugian adalah hal yang harus dihadapi dan bagaimana langkah kita untuk meminimal lisir hal tersebut.

V.        Penutup

Demikian penjelasan gambaran singkat tentang pola usaha Program INVESTASI DOMBA BETINA. Berbagai hal yang kiranya perlu ditanyakan dapat menghubungi VIlla Domba Cak Arif di 081615770200 / 0821411 73609  atau melalui email kambingdombaarif@yahoo.com

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTOH  SURAT  PERJANJIAN KERJASAMA

 

SURAT PERJANJIAN  KERJASAMA

Yang bertanda tangan dibawa ini  :

1.  Nama          : Investor

     No. KTP       :

   Alamat        :  JL. Perum Mondoroko Raya M1/3 Pagentan  Singosari  selanjutnya Bertindak sebagai  Ketua Koordinator Program dalam Villa Domba Cak Arif   Kab. Bojonegoro,  selanjutnya disebut pihak I

2.  Nama          : HASAN BISRI

     Alamat        : Boropanggung,  RT. 05  RW. 07 Desa  Banjararum  Kab. Malang

       No. KTP     :  350 724090 3720001

Bekerjasama dalam pemeliharaan kambing dalam program pemberdayaan Masyarakat  selanjutnya disebut pihak II.   Hal ini di atur dalam :

PASAL  I

BENTUK KERJASAMA

  1. Pihak I/ koordinator Program  menyediakan  Kambing untuk dipelihara dengan jangka waktu 2 (dua) tahun dan selanjutnya digulirkan lagi ke peternak selanjutnya ataupun di hentikan kerjasama bila Pihak II tidak sanggup memelihara.
  2. Pihak ke II memfasilitasi  pemeliharaannya selama program berlangsung.

 

PASAL  II

BAGI  HASIL

 

  1. Kedua belah pihak dengan ini telah saling setuju dan mufakat untuk bekerjasama dalam pemeliharaan kambing,  untuk  pihak I mendapatkan pembagihan sebesar 40 % sedangkan  pihak II mendapatkan   60% (dengan rincian sesuai dengan pengaturan kelompok).
  2. Bila ada kematian ternak maka akan ada pemeriksaan/ Penelitian record yang diambil oleh petugas Villa Domba Cak Arif sehingga tahu penyebab kematian ternak tersebut.
  3. Kematian ternak hanya bisa di terima oleh pihak I (semua Pihak) dengan pembuktian berupa bukti bangkai yang ada.
  4. Ada laporan kepolisian bila terjadi kehilangan ternak dengan pelapor pihak II

 

 

 

PASAL III

KEWAJIBAN DAN HAK

KEDUA BELAH PIHAK

 

  1. 1.       PIHAK  I  berkewajiban  :
    1. Menyediakan bibit kambing dengan kualitas yang baik dan sehat
    2. Penyerahan kambing akan di lakukan Pihak ke I kepada  pihak II  disaksikan oleh saksi yang di tunjuk.
    3. Pemberian Nomor kepada Kambing di saksikan oleh kedua belah pihak
    4. Pihak  I  wajib membeli dengan harga yang berlaku di pasaran
    5. Pihak I berhak mengalihkan pemeliharaan bila diperkirakan Pihak II tidak bisa memelihara kambing dengan benar (Kambing kurus yang diperkirakan karena pihak II memberikan pakan tidak sesuai tanpa memberikan ganti rugi selama proses terjadi)

 

  1. 2.       PIHAK  II  berkewajiban
    1. Menyediakan keperluan kambing dengan segala keperluannya kandang dan ketersediaan pakan.
    2. Setiap saat Pihak ke I berhak untuk melihat kondisi pemeliharaannya serta melakukan recording sesuai kesepakatan kedua belah pihak.
    3. Pihak II  bisa menjual ke pihak lain bila harga yang ditawarkan lebih tinggi daripada harga pihak I/ Farm Manager , dengan sepengetahuan Pihak I
    4. Bila terjadi kehilangan ternak kambing bisa di buktikan dengan bukti surat kehilangan dari kepolisian terdekat dan melaporkan ke pihak I  dalam waktu 24 jam

 

PASAL  IV

KERUGIAN

 

Bila  terjadi kematian atau kehilangan maka semua pihak menanggung besarnya kerugian tersebut sebesar  dan sesuai dengan bagi hasil yang diterimanya.

 

PASAL V

JANGKA  WAKTU KERJASAMA

 

Jangka waktu pelaksanaan perjanjian kerjasama ini adalah 2 tahun sejak di tanda tangani perjanjian bersama ini dan selanjutnya bisa di lanjutkan sesuai kesepakatan bersama.

 

 

 

 

PASAL  VI

PERSELISIHAN

 

Apabila di kemudian hari timbul perselisihan antara Pihak  I  dengan Pihak II  akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat dan apabila belum selesai juga akan di limpahkan ke Pengadilan negeri dimana ke dua belah pihak menetap.

 

Demikian surat perjanjian kerjasama ini disetujui dan disaksikan oleh beberapa saksi, ditanda tangani di Bojonegoro pada tanggal …… Maret  2012 dibuat rangkap 2 (dua) ditanda tangani diatas materai dan masing-masing mempunyai kekuatan hukum  yang sama.

                                                                                                                Bojonegoro,    Maret  2012

 

Pihak  I

 

 

 

Investor

 

Pihak  II

 

 

 

HASAN  BISRI

Peternak

                                                                                                                               

                                                                                                               

Saksi  –  saksi  :

 

Saksi  I

 

 

Arif  Hidayat, SP

Farm  Manager

Saksi II

 

 

Ketua Kelompok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: