SEKEDAR CONTOH E-COMMERCE SEMINAR

 

PENDAHULUAN

Apapun Bisnis Anda, Internet Tempat Jualannya

Internet merupakan tempat pemasaran produk dan jasa yang paling menjanjikan pada saat ini, karena jangkauannya yang luas, ke seluruh dunia. Selain itu karena pasarnya yang tertarget dan sistem otomatisasinya membuat pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien dari segi biaya, waktu dan tenaga

Dengan internet melalui website, bisnis anda selalu siap sedia 24 jam serta bisa diakses oleh pelanggan atau calon pelanggan dari mana saja dan kapan saja.

Website mampu menjangkau pangsa pasar yang tertarget melalui promosi online, baik dari segi area, minat, kebutuhan pelanggan, bahasa dan lain-lain.

Website juga mampu meningkatkan citra (image) bisnis anda.

Website dapat memposisikan bisnis anda kedepan secara lebih baik dan terencana karena dapat dengan lebih mudah terjadi interaksi dan komunikasi dengan pelanggan.

Di jaman yang serba instant ini, kecepatan layanan adalah kemutlakan, dan website dapat melakukan otomatisasi dalam melayani pelanggan lebih banyak, lebih hemat waktu, tenaga dan biaya, karena dengan sistem otomatisasi yang dirancang dalam website dapat bekerja setiap saat dan memberi respon dengan cepat jika datang ‘pesanan’ atau permintaan informasi bisnis yang lebih lengkap dari pelanggan.

Cuplikan diatas adalah salah satu tulisan yang diambil dari majalah Wirausaha & Keuangan edisi 046/09/TH. V edisi khusus tahun baru 2007. Adapun sekarang ini internet dan website adalah salah satu alat pemasaran yang telah dipakai oleh para perusahaan besar atau kecil dimana, di dunia. Karena website adalah suatu alat pemasaran yang hemat, efektif dan efisien serta dapat menjangakau ke seluruh dunia. Dengan adanya website dan internet saat ini sangatlah besar bagi revolusi teknologi dan informasi. Bayangkan, 20 tahun lalu kita tidak pernah membayangkan dapat mengetahui informasi dari manca Negara sedemikian cepatnya. Coba sekarang anda lihat dimana mana, website dan internet telah menjadi kebutuhan primer bagi perusahaan, dalam bisnis dan dalam informasi. Kita jika ingin mencari sesuatu tinggal melihat di internet, atau ingin membeli sesuatu, kita tak perlu beranjak dari tempat kita, dan tanpa harus ada di Negara atau daerah barang itu dijual, sangatlah mudah dan cepat.

Coba kita lihat perkembangan internet di Indonesia, walaupun Indonesia tergolong telat dan rendah dalam hal teknologi internet, namun perkembangan sangatlah pesat dalam 12 tahun terakhir ini, semenjak internet dikenal masyarakat. Banyak orang dan para pebisnis yang menggantungkan bisnisnya di internet. Dan para designer serta teknokrat muda Indonesia berlomba-lomba untuk melakukan riset dalam hal internet agar dapat dipergunakan oleh masyarakat secara menyeluruh.

Bila kita lihat di Forda UKM, kami telah memiliki 1000 bahkan lebih anggota UKM dibawah naungan kami. Belum lagi dibeberapa komunitas UKM lainnya, misalnya Deperindag (Departemen Perindustrian dan Perdagangan) dan lainnya. Saya belum bisa mendapatkan data yang valid berapa banyak tepatnya pengusaha-pengusahan UKM yang ada di negeri ini. Yang pasti tiap tahunnya bertambah dan bertambah. Ini adalah perkembangan yang sangat bagus sekali. Masih terngiang di ingatan kita, ketika terjadi krisis moneter yang kemudian dilanjutkan adanya krisis multi dimensi sampai saat ini, UKM menjadi peranan yang penting samapai sekarang dalam hal perkembangan financial dan sebagai penopang ekonomi bangsa. Setelah selama ini tidak ada yang melirik sektor UKM, Bank-Bank saat ini melirik sektor ini karena telah terbukti ketika krisis ekonomi melanda, yang tetap survive dan tetap lancer kreditnya adalah UKM. Bahkan di Negara-negara besar seperti di China, UKM adalah pasar potensial dan menjadi alat devisa Negara yang besar, bahkan Singapore dan Malaysia sudah melirik pasar UKM sejak lama. Jika bangsa ini ingin besar, maka salah satu jalan adalah pemerintah harus membantu dan memberdayakan UKM-UKM ini, entah itu pendidikan, pelatihan dan kemudahan dalam hal kredit. Karena kemakmuran Negara bisa dapat dilihat dari banyaknya Negara itu memiliki UKM dan entrepreneur.

Jika melihat potensi apa yang dapat dikembangkan oleh para UKM, banyak sekali. Saat ini banyak UKM kita yang telah mengeksport barangnya atau jasanya ke manca Negara, namun masih banyak para UKM hanya sebagai produsen saja, dikarenakan minimnya informasi yang diterima dan minimnya penghargaan yang diberikan oleh mereka. Barang dagangan mereka laku terjual di pasar internasional, namun harus melalui perantara dimana beberapa perantara banyak yang tidak menilai atau menghargai barang mereka dengan nilai yang semestinya, dan UKM juga tidak dapat menilai diri sendiri seberapa layak barang mereka dihargai, akibat terbatasnya informasi tadi. Namun banyak juga UKM yang telah pandai, dan lihai, sehingga barang dan jasa mereka dapat dijual di pasar internasional serta domestik. Nah untuk membantu para UKM yang belum dapat cukup informasi tadi, maka internet bisa dijadikan sebagai solusi, Untuk para UKM yang telah menjual produk-produknya secara langsung ke pasar mereka juga dapat memakai internet sebagai nilai tambah produk mereka. Masih sedikit UKM-UKM yang memakai jasa internet, karena mereka masih mempunyai ketakutan dan ketidak percayaan jika bertransaksi secara online. Mereka selama ini lebih aman menggunakan transaksi secara tradisional. Mereka harus dapat gambaran bagaimana jika menggunakan internet dan website sebagai alat pemasaran produk-produk mereka. Sebagai contoh di Negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapore, para UKM mereka telah melek internet dan produk mereka lebih cepat terjual serta lebih banyak diketahui oleh pasar internasional. Di persaingan Global saat ini, sudah saatnya lah para UKM untuk melek teknologi, ,melek internet, betapa pentingnya internet dan website sebagai alat marketing.

TUJUAN

· Membantu para UKM agar dapat mengetahui betapa pentingnya kegunaan internet dan website dalam bisnis mereka

· Menyadarkan kepada para UKM sangatlah murah dan mudah menggunakan internet

· Memberikan informasi kepada para UKM kondisi persaingan setelah diterapkannya Globalisasi ekonomi.

· Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang bernilai tinggi dan berdaya saing tinggi.

Maka salah satu upaya diatas adalah penyelengaraan acara :

SEMINAR KEGUNAAN DAN KEUNTUNGAN INTERNET UNTUK PARA UKM

Sasaran :

Sebagai sarana komunikasi dengan para UKM tentang pentingnya internet dan website pada bisnis yang mereka jalani saat ini, serta untuk membangkitkan daya jual serta daya saing produk-produk UKM di pasar internasional dan domestik.

Sangatlah murah dan mudah untuk belajar internet dan memiliki sebuah website.

PESERTA

Seluruh anggota Forda UKM yang ingin mengetahui dan tertarik kegunaan serta keuntungan internet pada bisnisnya.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

Hari & tanggal : 30 Agustus 2008

Waktu : Pukul 09.00 WIB s.d selesai

Tempat : Gedung Serba Guna Psikologi

Kampus Ubaya (kapasitas 150 Orang)

SUSUNAN PENYELENGGARA

Pelindung :

ERLANGGA SATRIAGUNG ( KADIN Jawa Timur )

Penasehat : NUR CAHYUDI ( FORDA UKM Jawa Timur )

Tim Pelaksana :

    • Ketua : Arif Hidayat
    • Sekretaris : Nisa
    • Bendahara : Aditya
    • Sie Penggalian Dana : Wilson NH
            • : Didit Armanto
            • : M. Soechih
    • Sie Publikasi : Arif Hariyanto
            • : Susiana
    • Sie Acara : Mashuri
    • Sie Perlengkapan : Dedy Susanto
            • : Sulaiman

SEKRETARIAT

Kantor Forda UKM Jawa Timur

Ruko Surya Inti Permata C7 Surabaya

Jl. Jemur Andayani 50 Surabaya

Telp. Fax : 031 – 841 33 65 (Nisa’)

031 – 72002629 (Dedy)

081615770200 (Arif)

Analisa Pembiayaan

Event

Item

Jml

Sat

Frk

Harga/Qty

Total Biaya

Officer

Project Manager

1

org

1

Rp 1,000,000

Rp 1,000,000

Host

1

org

1

Rp 400,000

Rp 400,000

loadng officer

4

org

1

Rp 100,000

Rp 400,000

Runner

2

org

1

Rp 150,000

Rp 300,000

Usher

4

org

1

Rp 250,000

Rp 1,000,000

Operation

1

set

1

Rp 600,000

Rp 600,000

Pembicara 1 jogya

1

org

1

Rp 600,000

Rp 600,000

Pembicara 2

2

org

1

Rp 400,000

Rp 800,000

tranportasi pembicara

1

2

Rp 1,100,000

Rp 2,200,000

Rp7,300,000

Property & Equipment

Item

Size

Sat

Frk

Harga/Qty

Total Biaya

Ambience Panggung

Karpet 10m

5

8

Rp 8,000.00

Rp 320,000.00

Taman 20m

20

1

Rp 11,000.00

Rp 220,000.00

panggung

8

5

Rp 60,000.00

Rp 2,400,000.00

Digital Print (8×4)m

3

5

Rp 30,000.00

Rp 450,000.00

Backdrop + Rangka

3

5

Rp 1,500,000.00

Rp 1,500,000.00

Multimedia

1

set

1

Rp 4,500,000.00

Rp 4,500,000.00

Screen (4×6)m

1

Proyektor ( 3500 anxi )

1

Screen (2×3)m

1

Proyektor ( 3500 anxi )

1

Multimedia player

1

Kain

20

1

Rp 22,500.00

Rp 450,000.00

lighting (minimal)

4

set

1

Rp 150,000.00

Rp 600,000.00

buku tamu

4

set

1

Rp 30,000.00

Rp 120,000.00

mobil operasional

1

1

Rp 350,000.00

Rp 350,000.00

HT

4

set

1

Rp 120,000.00

Rp 480,000.00

Rp 11,390,000.00

Production

Item

Jml

Sat

Frk

Harga/Qty

Total Biaya

Spanduk Acara

4

pcs

1

300,000

1,200,000

bolpen

200

pkt

1

3,000

600,000

notes

200

1

3,000

600,000

map

200

1

4,000

800,000

tas spon

200

1

3,000

600,000

undangan

200

1

3,000

600,000

cinderamata

4

1

300,000

1,200,000

5,600,000

Konsumsi

Item

Jml

Sat

Frk

harga jual

total jual

Konsumsi Gathering

Makan Siang

200

pax

1

20,000

4,000,000

Konsumsi Team

15

org

1

20,000

300,000

Aqua

2

box

1

20,000

40,000

konsumsi pembicara

4

box

1

50,000

200,000

4,540,000

Total

Item

harga actual

Event

Rp 7,300,000

Property

Rp 11,390,000

Production

Rp 5,600,000

Konsumsi

Rp 4,540,000

Lain Lain

Agency fee – 10%

PPN – 10%

Total

Rp 28,830,000

DUKUNGAN SUMBANGAN & SPONSORSHIP

1. Dukungan Dana Rp. 28.830.000,-

Partisipasi dana sebesar Rp. 28.830.000,- (Dua Puluh Juta Delapan Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah) Akan diberikan kompensasi fasilitas sebagai berikut:

1. Dipasang logo Pihak Pendukung (Ukuran Besar) di Backdrop Mimbar Festival.

2. Disediakan counter Produk bagi Pihak Pendukung untuk mendisplay produk dan jasanya.

3. Dipasang 4 ( empat ) spanduk ukuran 90 cm x 7 m di area lokasi Festival

2. Dukungan Dana Rp. 15.000.000,-

Partisipasi dana sebesar Rp. 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah) akan diberikan kompensasi fasilitas sebagai berikut:

1. Dipasang logo Pihak Pendukung (Ukuran Sedang) di Backdrop Mimbar Festival

2. Dipasang 3 (Tiga) spanduk ukuran 90 cm x 7 m di area lokasi Festival.

3. Dukungan Dana Rp. 10.000.000,-

Partisipasi dana sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) akan diberikan kompensasi fasilitas sebagai berikut:

1. Dipasang logo Pihak Pendukung (Ukuran disesuaikan) di Backdrop Mimbar Festival

2. Dipasang 2 (dua) spanduk di sekitar lokasi Festival

4. Dukungan Dana Rp. 5.000.000,-

Partisipasi dana sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) akan

diberikan kompensasi fasilitas sebagai berikut:

1. Dipasang logo Pihak Pendukung di Umbul – Umbul

2. Dipasang 1 (satu) spanduk di sekitar lokasi Festival

5. Dukungan Dana diatas 2.500.000,-

Dipasang logo Pihak Pendukung di Umbul – umbul

FORMULIR KESEDIAAN MENJADI PENDUKUNG

Nama Institusi/Perusahaan :

Alamat :

Telepon/Fax/E-mail :

Bersedia menjadi Pendukung Seminar

SEMINAR KEGUNAAN DAN KEUNTUNGAN INTERNET UNTUK PARA UKM

Dukungan Rp. 28.830.000,-

Dukungan Rp. 15.000.000,-

Dukungan Rp. 10.000.000,-

Dukungan Rp. 5.000.000,-

Dukungan Rp. 2.500.000,-

………………………, ……………2008

Institusi/Perusahaan

( )

Nama/Tanda Tangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: