Kapasitas UKM ? Benarkah harus 3 Tahun ???

UKM adalah usaha Kecil Mikro atau kecil banget, dari kecilnya inilah UKM bisa berubah kapanpun tapi disisi lain Fokus dan konsisten merupakan kata kunci yang paten.  Kenapa karena Fokus dan konsisiten inilah  kapasitas UKM bisa terbentuk maksudnya  ????

Aku teringat temanku yang mempunyai usaha di bidang Makanan dan Minuman yang berdiri sejak tahun 1996 pada saat itu usaha yang dijalani teman ini adalah Kopi Murni dan Jahe Instan,  dan itu dijalaninya sampai satu tahun dan selanjutnya saya sebut ARMAL, dan selama satu tahun  Armal ini berubah produknya  yaitu jualan sirup dan manisan.

Tetapi Dia tidak sadar selama satu tahun pertama dia adalah pedagangan Kopi dan Jahe Instan, karena Kopi Murni selanjutnya dalam setiap kesempatan Dia banyak berbicara masalah kopi karena sesuai bidang keahliannya, padahal Kopi telah lama ditinggalkan dan inilah yang membuat Armal begitu di kenal sampai-sampai setiap orang masih memanggilnya Armal Kopi.

Sadar atau tidak Armal telah membentuk dirinya terkenal  sebagai pembuat Kopi, tetapi disisi lain Armal tidak membuat Kopi Murni. Selanjutnya apa yang terjadi suatu ketika Armal mendapat pesanan Kopi yang cukup banyak untuk sekelas Dia.  dan banyak juga yang telpun ke Dia permintaan Kopi Murni.

Disinilah Armal membuat suatu kekeliruan yang fatal karena Dia tidak bisa melayani pesanan dengan harga bagus, atau dengan kata lain Dia tidak mmepunyai kapasitas untuk melayani pembelian kopi.

Ya, memang dalam kondisi tertentu bagi UKM order itu bisa dilempar ke UKM lain yang mempunyai kapasitas yang sama dalam rasa dan kualitas, tetapi apakah Armal siap untuk itu karena terkadang UKM tidak siap untuk itu.  Lalu apa manfaat dari pembentukan kapasitas yang secara terus menerus dibentuk “dalam setiap kesempatan”.

Kalau teman-teman UKM bilang, jadi UKM belum 3 tahun kok wis nglokro, tapi apakah harus 3 tahun untuk membuat suatu kapasitas diri ?  Anda sendiri yang tahu …………….

Salam,
Cak Arif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: