BENARKAH PERBANKKAN BERPIHAK ??

Sekarang UKM telah banyak belajar, benarkah perbankan sudah berpihak kepada UKM, indikatornya adalah bunga yang “murah” arti murah ini adalah bank bisa mengeluarkan bunga yang lebih kecil atau kalau dibandingkan dengan bunga tabungan perbankan ngambil selisih 3%, tapi kalau sekarang adalah bunga bank dibandingkan dengan SBI (sertifikat bank Indonesia) jadi kalau SBI turun bunga perbankan akan turun. Sedangkan SBI itu ditanggung oleh rakyat (katanya) jadi saya berfikir “lha yang ditanggung rakyat kok banyak ya” 1) Selisih SBI dan tabungan 2) Selisih SBI dan bunga bank 3) Apalagi kalau diselisihkan antara tabungan dan Bunga kredit yang ditanggung UKM alamak sengsara benar UKM Indonesia.

Lalu apa makna dari Perbankan berpihak pada UKM, kalau bunga kredit masih lebih besar dari SBI, atau kata-kata itu terjadi karena penipuan gaya baru yaitu “reklame atau promosi” ini kalau dilihat dari sudut perbankan aja. Kalau Bank pemerintah lebih parah lagi kata “Berpihak pada UKM” adalah hasil subsidi dari
pemerintah sedangkan pemerintah dari hasil pajak rakyat dan eksploitasi bumi Indonesia yang katanya akan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia, Pasal 33 UUD 1945 kalau gak salah.

Seharusnya bunga bank didasarkan atas selisih dari tabungan masyarakat, karena dana yang diserab oleh perbankkan bukan dari SBI karena kalau didasarkan SBI maka yang terjadi adalah lebih enak masuk SBI aja, karena tanpa resiko dalam artian kalau terjadi rugi maka perbankkan tidak menangggung kerugian karena dijamin pemerintah.

Pemerintah sendiri mengambil dana talangan tentunya dari APBN dan itu dari rakyat, disini aja terlihat betapa rakyat sebagai obyek penderita saja.

Salam,
Cak Arif

1 Response so far »

  1. 1

    Hendra said,

    mas arif bener juga,,,rakyat memang menjadi objek penderitaan,,gmn tidak,, lah selisih antara bunga simpanan dgn bunga pinjaman sangat besar,,


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: