JANGAN JADIKAN AKU PERAHAN

Demikian Judul yang diusung sama UKM Jawa Timur dan Medan dalam menyikapi pemerintah atau oknum yang tidak berwenang dalam menangani suatu masalah di kalangan UKM yang ujung-ujungnya pemerasan,  yang belakangan dikeluhkan UKMUKMkepada Forum Daerah di beberapa tempat.

Hal ini sangat kita sayangkan karena UKM yang terhimpit berbagai persoalan hidup masih aja jadi “Sapi Perahan” baik bagi pihak kepolisian ataupun para Calo berseragam.

Saya sempat kepikiran tentang fenomena UKM ini, saat pemilu UKM jadi komunitas politik, saat Indonesia terpuruk UKM jadi Tiang Negara tapi disisi lain UKM juga jadi sapi perahan yang tangguh.

Tangguh karena diam aja, tapi saat berkoak maka akan selalu menjadi bahan penindasan dengan alasan kebersihan dan ketertipan kota, ataupun jari perasan perijinan lhooooo

Iya, bener ini saat diseminar yang kita adakan ” Terungkap untuk Ijin Dinas Kesehatan di Kota Blitar” ternyata Ijin untuk satu Item barang yang diproduksi UKM, UKM harus membayar 150 Ribu. Kita tahu UKM adalah usaha yang masih labil dalam artian Labil karena selalu berubah kalau kena tekanan.

Sehingga tentunya dengan hal ini UKM cenderung mendaftarkan ijin dengan banyak produk, bayangkan kalau UKM mendaftarkan 10 item produk, apa UKM harus membayar 1.500.000,-. Apa itu gak lebih baik untuk Modal usaha yang senen kemis itu.

Bagimana Bapak Pembina, Politikus, atau para pengayom masyarakat apakah masih tega memeras UKM Indonesia yang katanya menjadi Tiang Negara

Salam,
Cak Arif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: