Amplop Pak Kyai

Sepintas kata, otak kita akan berfikir kita yang kasih amplop kepada Pak Kyai ini tapi Anda semua akan salah karena Kyai yang saya hormati ini adalah seorang pengusaha selain sebagai ulama yang menjadi rujukan ulama sekitarnya. Kita berbicara wiraswasta model Ulama ini.

Hari selasa kemarin saya diminta memberi masukan kepada Ulama saya ini, untuk memperbaiki manajemen yang ada di usaha KH. Syamsul Huda yang berada di Pondok Pesantren Nurul Huda Porong Jawa Timur sebagai murid saya langsung sanggup karena “berimbangan logika saya” dan ini hampir berjalan 3 minggu. Untuk itu Kyai juga menunjuk Direktur yang merupakan salah seorang kepercayaan beliau yang sangat mampu memanage usaha air BIOFIR ini tapi gak punya cukup waktu nongkrongi setiap hari, untuk mengatur semua itu kita mengadakan rapat karena setelah ada kunjungan BPOM Jawa Timur ada beberapa saran yang harus kita penuhi untuk mendapatkan ijin MD (Makanan Dalam Negeri).

Perjalanan diskusi yang pertama, mulai terungkaplah Amplop Kyai ini karena ternyata ada tiga orang yang selalu membantu Kyai yang gajiannya tidak tahu, kenapa ternyata gajiannya dimasukkan amplop dan diberikan kepada ketiga orang ini, dan parahnya sehingga membuat kita ketawa semua jarangnya ke tiga orang ini membuka amplop tapi langsung diberikan kepada istrinya. Saya melihat manajemen Kyai ini cocok untuk karyawan part time atau yang bekerja paro waktu ternyata semua menjadi puas dengan model penggajian seperti ini.

Untungnya perusahaan air minum BIOFIR ini mendapatkan kualifikasi karyawan yang tinggi dengan gaji yang optimal kalau tidak bisa dibilang kecil, karena karyawan setingkat manajer tentunya kebutuhannya diatas 3 juta, sehingga kalau diperbantukan dan digaji penuh perusahaan tidak mampu, tapi dengan penggajiannya sistem amplop ini tentunya perusahaan mampu dan karyawan lebih enak, karena yang 2 jutanya bisa kerja dilain orang.

Tentunya ini ada positif dan negatifnya, karena kalau orang yang tidak amanah ini bisa membuat blunder tersendiri, tapi dengan manajemen Amplop Kyai semua bisa diselesaikan dengan efisiensi yang optimal, walau terkadang jiwa sosial dan hati membuat kurang optimalkaryawan.

Bagimana dengan anda, apakah sistem Amplop Kyai bisa diterapkan di pabrik anda atau sistem Gaji anda bisa membatukan hati karyawan anda silakan mencoba …..

Salam,
Cak Arif

1 Response so far »


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: