PERJALANAN PALOPO 29-30 NOP 2007

Surabaya, 29 Nopember 2007
Pesawat berangkat dari Bandara Juanda 6.20 WIB perjalanan sekitar 1.15 jam, sampai di Bandara Hasanudin sambil nunggu jemputan saya menikmati situasi Bandara dengan menikmati kopi di Caffee Shop Bandara yang menyediakan Roti. Sambil menikmati lalu lalangnya pejemput dan orang yang menunggu di coffee shop saya buka catatan dan persiapan di Acara di Makasar dan Palopo. Yang pada dasarnya telah saya persiapkan jauh hari sebelumnya dengan berkirim email ke Makasar tentang time skedule acara, apa aja yang disiapkan dan tentunya di tunjang dengan komunikasi antara YAS (Yayasan Adil Sejahtera) dan Forda Jatim sehingga format acara bisa mendekati seperti acara di Kec. Sidoarjo. Setelah menunggu sekitar 30 menit jemputan YAS datang.
Perjalanan ke kantor YAS ternyata teman kita ini tak lupa penyambutan ala Makasar sehingga harus menikmati Coto Makasar dulu baru sampai di kantor YAS.

Sesampai di Kantor YAS kita mengadakan beberapa percakapan tentang kesiapan pelaksanaan One Day Mass Service dan persiapan untuk menghadap Walikota Palopo ternyata teman-teman YAS telah mempersiapkan dengan baik, sehingga sambil nunggu persiapan kita berangkat ke Palopo karena lama perjalanan selama 9 jam atau 500 km antara Makasar Palopo. Tepat Jam 17.00 WITA kita mulai perjalanan panjang yang menyenangkan ini, karena perjalanan kita ini seperti wisata kuliner aja karena setiap berhenti pasti di rumah makan kecuali sesampainya di tanah kelahiran Direktur YAS Kota Barru, istirahat sejenak sambil mennunggu Sopir yang akan menggantikan Bapak Ilham Iskandar di tengah perjalanan. Ternyata perjalanan 9 jam tanpa terasa telah sampai jam 3 malam, di kota Palopo kita menginanp di Hotel ….. sambil menunggu waktu subuh kita membicarakan rencana pertemuan dengan walikota Palopo Bapak H. Tanri sampai waktu subuh, terus istirahat sampai jam 9 pagi kita mulai beraktifitas dengan mengunjungi KPTSP (Kantor Pelayanan satu Pintu ).

Msy PalopoPalopo, 30 Nopember 2007
Karena Bapak Walikota yang ada acara sehingga acara pertemuan dengan Walikota yang rencananya jam 10 diundur sampai jam 16.00, sambil menunggu kita tetap di KPTSP sambil melihat pelayanan ternyata pelayanan prima itu telah terbukti, karena penyerahan berkas sampai selesai bisa langsung ditunggu karena kalau di DPPM Sidoarjo penyelesaian berkas setelah masuk adalah 3 hari, maka di KPTSP hari itu juga selesai. Bahkan saat itu Kepala Kantornya Drs. Nuryadi MSi yang tidak ada di tempat diperlukan orang mengantar untuk minta tanda tangan beliau yang ada diluar sehingga pelayanan prima itu memang terlaksana dengan baik. Walau disitu juga nantii akan timbul kelemahan karena penyelesaian yang terlalu cepat akan menimbulkan kekurang stabilan petugas yang lain. Karena kalau KPTSP nantinya kalau sudah di kenal masyarakat sehingga harus melayani dengan standar maka akan terjadi ketimpangan-ketimpangan, sehingga saya sarankan mulai ada patokan waktu yang jelas misal pengurusan SIUP 3 hari, TDP 3 hari dll. Peningkatan yang terjadi adalah di KPTSP ini dibuka pula BPD SULSEL sehingga UKM bisa langsung membayar setelah administrasinya lengkap langsung bisa bayar ditempat itu pula, dengan demikian proses pelayannan bisa semakin cepat.

Sebelum ke Walikota Saya, Pak Ilham Iskandar, Bapak Drs. Nuryahdi MSi beserta 4 pengurusa Forda Palopo mengadakan Rapat koordinasi di Ruang Kepala KPTSP untuk membahas Apa target yang ditetapkan dalam pembicaraan dengan Bapak Walikota, minimal tentang adanya penerbitan SK Walikota tentang diskon 50% biaya perijinan perseoranagan selama acara itu berlangsung. Tepat jam 15.30 WITA kita bersama-sama ke Kantor Walikota Palopo, kehadiran kita disambut dengan baik dalam beberapa sarannya Bapak Walikota adalah sbb :
1. Ucapan terima kasih atas terbentuknya KPTSP di Wilayah Palopo dengan segala dukungannya
2. Untuk diskon 50% pada intinya setuju, dan akan dibicarakan lebih detail dengan pejabat terkait sehingga tanggal 8 Desember sudah berhasil karena berususan dengan pendapatan asli daerah
3. Pelatihan dengan sistem magang ke Jawa Timur, dengan harapan semoga kedepan Forda UKM Palopo bisa berkembang seperti UKM di Jawa Timur
4. Perlunya jaringan bisnis antar UKM bisa terjalin

Pada malam hari kita mengadakan pertemuan dengan teman-teman LSM di Palopo dengan tujuan membina hubungan dan berkoordinasi tentang pemberdayaan UKM ke depan dan sosialisasi keberadaan KPTSP di Palopo.