PALOPO. 8 DESEMBER 2007

Palopo, 8 Desember 2007
Sesampai di Bandara Hasanudin saya terus naik taksi ke kantor YAS, setelah beres2  jam 13.00 mulai berangkat ke Palopo,ketika akan sampai di Kabupaten Barru kita membeli pisang kepok, kata Mas Ilham untuk menjamu pisang apit ala makasar dan ternyata Ibu Mas Ilham menyajikan itu dengan enak. Dimana pisang digoreng dan menyajikannya dengan cara terpisah, teh manis, gula pasir dan pisang goreng terpisah, sempat saya terpikir enak juga cara penyajian ini karena bagi penderita diabetes bisa jadi suatu pilihan. Karena kalau di Jawa penyajiannya pisang digoreng dengan dilapisi tepung yang sudah di beri gula sehingga pisang gorengnya menjadi manis dan bagi orang yang telah kena diabetes akan menghindar.

Ketika jam menunjukkan waktu 16.30 kita mulai menikmati perjalanan ke Palopo dengan harapan di Pare-pare kotanya Bapak Habibie bisa istirahat sekitar magrib,  sampailah kita di pare-pare disambut tulisan Selamat datang di Kota Kelahiran BJ. Habibie. Setelah berputar-putar sedikit di dalam kota sampailah di Ikan Bakar.   Sepertinya sudah lama berdiri, karena ramai dan enaknya ikan bakar sungguh menggoda untuk dinikmati dan benar, ketika dinikmati sampai gak mau berhenti mulut ini mengecap.
Sehingga harus jalan-jalan dulu, orang Jawa bilang biar mlorot kita  melihat-lihat pasar baju bekas disana seperti pasar senggol di Jawa heee. Kemudian kita meneruskan perjalanan sampai di Kota Palopo sekitar Jam 01.00 Malam, setelah cek in kita langsung hilang ketiduran sampai jam 4.30 pagi setelah sholat subuh terus jalan-jalan sekitar hotel ternyata disana sepi banget hingga saya masuk lagi.
Setelah sarapan pagi Nasi goreng, dan menunggu sambil ngobrol kita menuju ke KPTSP melihat perkembangan dan persiapan teman-teman Forda Palopo ternyata di KPTSP sudah disambut sama Kepala Kantornya dan langsung menuju Kantor Walikota yang dekat dengan Kantor KPTSP, kata beliaunya nanti sambil ngopi depan Kantor Walikota tapi ternyata sudah banyak teman-teman UKM yang datang dan perlu sentuhan sedikit tentang pelaksanaan One Day Mass service tersebut.

Pelaksanaan ini di buka oleh Bapak Asisten, karena Bapak Walikota harus menghadiri komunitas Hindu disana tapi setelah pembicara dari Bank Sulsel selesai beliaunya datang sehingga diskusi bisa berlanjut dengan narasumber beliau yang sangat bagus dalam penyampainya, sehingga gedung yang dipenuhi lebih dari 300 UKM itu bisa menjadi ramai dan hidup.
setelah kurang lebih 1 jam beliunya harus menghadiri rapat yang lain, dilannjutkan Narasumber dari Kepala Cabang Bank Mandiri Palopo dan tanya jawab yang diikuti oleh semua peserta, setelah Kepala KPTSP menerangkan berbagai jadwal dan alur pelaksanaan One Day Service kemudian giliran saya, maunya menerangkan pengalaman One Day Service di Sidoarjo tapi kok menjadi pengulangan sehingga saya lebih senang menerangkan manfaat ijin usaha dan Jaringan bisnis di Forda, sampai jualan langsung produk jilbab UKM jatim setelah acara inti selesai.

Produk yang saya bawa dari Jatim senilai 620.00 itu ludes, dengan sisa 5 potong jilbab yang memang gak akan pernah laku di sana karena warnanya menunjukkan warna untuk janda atau inang pengasuh jadi saran saya kalau ada UKM jualan garment dengan warna tersebut jangan sampai di jual di Kota Palopo.

Acara itu berakhir sampai pukul 15.00 dengan berbagai pertanyaan dari masalah kredit, pengembangan forda kedepan, jaringan bisnis sampai jual beli bawang putih dan sampai sekarang ketika saya tulis ini masih ada orang yang tanya tentang suku cadang audio yang ada di pasar gentheng surabaya (pusat nya audio di Indonesia bag timur).

Cerita akan berlanjut tanggal 27  Desember 2007.

Salam,

Cak Arif

2 Tanggapan so far »

1. 1

sakera said,

Nuwun sewu cak, aku sudah lama di Palopo tapi nggak tau warna janda dan inang pengasuh itu yang bagaimana. Bisa diceritakan sedikit cak?