MINGGU 4 – 5 PALOPO

Palopo, 30  nopember 2007

palopo2 Minggu ini perjalanan saya agak jauh karena ada tugas ke Palopo Sulawesi, perjalanan itu seperti wisata kuliner aja. Sepanjang perjalanan saya melihat betapa kaya dan besar peluang usaha di sana dan gak salah kalau orang jawa banyak yang menetap disana dan berhasil dalam berusaha walau hanya jualan nasi PKL (Pedagang Kaki Lima).

Dalam perjalanan saya sempat makan gogos (makanan dari ketan hitam yang dibakar kalau orang Sumatera menamakan lemang) tapi saya melihat orang yang jualan ya begitu-begitu aja, tapi maaf kalau yang jualan itu orang pribumi. Saya juga sempat melihat Orang Jawa begitu eksis sampai saya nginap di dua hotel pemiliknya orang jawa, dan sepanjang perjalanan orang yang berjualan makanan dipenuhi orang jawa dan ternyata berhasil tapi idea kali ini bukan tentang Ras ini.

Saya lebih seneng bagaimana pemberdayaan itu dilakukan dengan baik,

Saya melihat potensi makanan gogos, dange, kopi, dijadikan satu kesatuan dalam konsep pemasaran, misal nya membuat Kafee, dimana disitu ada bakar2 Gogos, dange dan kopi hangat wah sip itu….

Karena tujuan nongkrong hanya mencari suasana santai, enak, sedikit makan dan melupakan rutinitas keseharian. Maka kafee ini harus memenuhi itu semua kalau perlu ada warnet sekalian tapi butuh modal besar dan apa ada jaringan disana…. heee bisa pakai V-sat nya indosat

Saya sempat berfikir, gogos, dange, telur itik, susu dan kopi dijadikan satu menu dan konsumen bisa bakar sendiri wah tentu asik dan masuk semua tujuan diatas….

Bagaimana, teman-teman palopo ada idea….

Salam,

Cak Arif

 

 

Tinggalkan Balasan

