PERJALANAN MINGGU INI 3

Perjalanan minggu ini, atau lebih tepatnya Senen Sore karena untuk sosialisasikan aku di kota Malang, perjalanan ini untuk melihat perkembangan peternakan kambing di Karangploso Malang. Wah ini baru UKM Indonesia karena di sana saya melihat pertunjukan yang begitu baik karena ada UKM yang berhasil dalam beternak kambing, walau saya telah mendengar ada teman Pak Totok di Jember Jawa Timur yang telah memelihara kambing dengan mottonya “Bertanam jagung, beranak kambing” yang nanti saya akan ceritakan di waktu yang lain….. .

UKM yang kita sebut saja Bapak Agus ini telah memelihara 600 ekor kambing, dengan sistem pengandangan model bateray seperi ayam petelor, dan sudah dipilah-pilah untuk memudahkan evaluasi (kata saya) atau pengelompokan (pembibitan, pembesaran, pemasaran) dan itu semua dikelola oleh 10 orang. Dari pengelompokan ini hanya sekitar 50 ekor yang merupakan indukan dan makan rumput, lalu yang lain makan apa Makan pakai kosentrat sehingga tidak dipusingkan dengan cari rumput.

Bapak Agus ini bisa hidup sangat layak dengan hanya beternak aja, bagaimana dengan kita ….. kurang PD dengan menjadi peternak, petani atau apa saja yang menurut kita terlalu riskan untuk seorang sarjana…. dan ini dijalani dengan tekun mulai 10 kambing dan sekarang bingung nolak perbankan ……..

Kenapa kok saya katakan nolak perbankan ya karena Bapak Agus ini, memang menolak kredit dari bank karena terlalu banyak bank yang nawari kredit tapi pintarnya UKM ini adalah dia hanya nolak yang berbunga tinggi katanya sih supaya bisa berkompetisi dengan peternak yang lain. Jadi Pak Agus ini mau menerima kredit program yang bunganya 6% aja heee pintar juga UKM ini…..

Konyol dan berkah bagi Dia adalah ternyata Bapak Agus ini bisa mendapatkan Dana program atau PKBL dari 3 BUMN hebattttt Dia, tapi bagaimana Indonesia bisa maju kalau BUMN lebih senang membina UKM yang berhasil dari pada UKM yang berisiko tinggi, layakkan dikatakan membina kalau yang dibina lebih pintar dan telah berhasil dalam bisnis?

Padahal orang miskin dan anak-anak terlantar di pelihara oleh negara bukan Pak RT.

Salam,
Cak Arif

5 Tanggapan so far »

  1. 1

    Banteng Bertopeng said,

    Bagus, namun terasa membosankan, perlu sedikit animasi dan ini bisa dijadikan media promosi tuh buat UKM

  2. 2

    Cak Arif said,

    Makasih, tapi memang kalau jalan-jalan minggu jarang membawa kamera tapi akan saya bawa kamera tua saya demi promosi UKM Indonesia khususnya Malang.

    Salam,
    Cak Arif

  3. 3

    W4HYu said,

    Siiip deh, ada story, kritik dan sekaligus motivasi.
    Akan terasa lebih komplit jika disajikan jg kalkulasi modal, biaya operasional dan keuntungan usahanya. Agar bisa merangsang pak Agus yg lain di daerah yg lain pula.

    BTW, saya jg setuju jk ditambahkan gambar sbg bukti otentiknya.

  4. 4

    Cak Arif said,

    Haaa, ok kalau Foto sih ok-ok aja tapi kalau analisa usaha kambing gak usah di blog tapi bisa jalan-jalan ke Gramedia karena disana banyak dan terinci, Tapi yang jelas bagaimana, kita mau berusaha dengan inspirasi itu semua ….
    Tapi kalau ingin konsultasi sampai detail ya silakan aja di email saya ….
    arif_jatim@yahoo.com

    Salam,
    Cak Arif

  5. 5

    merna said,

    Salam hangat,

    Pak Saya tertarik sekali dengan Program Anda bisa ngak Pak kalau Saya ingin mengetahui lebih jauh dengan UKM yang tekah Andah bentuk,Saya kerja di LSM dan ingin sekali mensejaterakan Masyarakat desa kususnya perempuan.

    Jika Bapak bersedia membantu Saya, Hubungi saya di Merna_ct@yahoo.com

    Terimakasih.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

