MICHINOEKI JAPAN

UKM INDONESIA

Michinoeki adalah UKM Center taraf desa yang ada di Negara Jepang, ideanya sangat sederhana dimana Pemerintah pusat menawarkan kerjasama (70%) dengan pemerintahan desa (30%) , pemerintahan desa menyiapkan lahan kosong, yang ada lahan parkirnya, MCK dan pemerintahan pusat membangun otlet ya kalau di Indonesia adalah hampir sama dengan KUD (koperasi Unit Desa) jamannya Pak Harto.

Perbedaannya kalau di Jepang pengelolaanya sangat profesional dan melibatkan masyarakat dan investor dan di dasarkan atas kepentingan masyarakat dan ekonomi. Dimana Kinoichi ini menampung hasil UKM seluruh desa wilayah tersebut tapi jangan salah UKM disini banyak dikerjakan Ibu-Ibu seperti PKK kalau di Indonesia ataupun memang UKM dan semua itu telah dibina oleh suatu lembaga konsultan independen yang akan sangat membela kepentingan UKM disana, baik dalam penilaian kualitas, SDM, manajemen dan tentunya dari peraturan-peraturan yang ada disana.

Sehingga pengelolaan Kunoichi menunjukakna pelaksanaan yang sangat baik dan mengedepankan kesejahteraan masyarakat sekitar dan manajemen yang baik dengan pendekatan tradisional di Jepang.

Kalau ingin membanyangkan bagaimana suasana Kinoichi ini lihat gambar diatas, tapi pemuda yang nampang itu bukan pemiliknya tapi Cak arif yang lagi terkagum-kagum dengan penataan yang cantik sambil berfikir kok bisa yaaaaa….

Salam,

Cak Arif

1 Response so far »

  1. 1

    aji said,

    kenapa ya di negara orang selalu lebih baik dari kita?

    kalo di indo sebenarnya kan ada ukm center2 bahkan ada yg sampai masuk mall, salah satunya di cilandak town square, jaksel…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: