KEBUN BUNGA MAWAR

Batu, 16 Desember 2007

foto batuPerjalanan saya dan keluarga minggu ini, menuju kota bunga atau industri bunga yang dekat aja dari rumahku, dengan tujuan cari bunga yang menjadi salah satu obat kejenuhan dan cari inspirasi. Tapi dasar otak UKM saya sempatkan bertanya bagaimana cara bercocok tanam, luas lahannya berapa, berapa tenaga kerjanya, sampai di kirim kemana? ternyata petani ini biasa kirim ke Sulawesi, Kalimantan bahkan ke Malaysia saya sempat kaget ternyata bunga mawar ini telah berjalan begitu jauh.

Melihat ketekunan Ibu penjual bunga di lahan pertanian bunga yang begitu luas ini saya sempat bertanya dalam hati berapa untungnya karena bunga mawar yang sangat cantik itu cuma di jual dengan harga Rp. 1.500,-/pot, tetapi perkiraan saya salah besar ternyata penghasilan ibu ini rata- rata 25.000/ hari hanya dari sambung aja, dan belum termasuk kalau ada orang seperti saya yang beli sampai 10 biji ya biasanya dihargai agak mahal Rp. 2000,-/ polibag.

Melihat potensi ini saya sempat bersyukur ternyata bertani bunga sungguh membahagiakan, dapat penghasilan yang cukup juga bisa menikmati indahnya bunga sebagai bonusnya haaaa.. siapa yang menyusul menjadi petani bunga yang berhasil dengan hanya bermodal Rp. 100.000. siapa aja bisa menjadi pengusaha bunga Ya kalau gak dapat untung minimal bisa membahagiakan tetangga, mertua serta keluarga besar kita dan tentunya kita sendiri.

Oh iya luasan lahannya adalah 0.5 ha aja, jadi kalau anda, atau siapa aja yang ingin berkebun bunga hanya sebagai selingan hidup atau hoby maka kunjungi daerah Punten kota Batu, tapi ke Kebun nya aja karena hamparan bunga yang luas dan terdengar gemericik aliran sungai membuat hati kita menjadi tenang.

Untuk melihat keindahan kebun bunga silakan melihat hamparan kebun dan keluarga lengkap saya yang sedang menikmati indahnya bunga.

bunga  bunga 1  

Salam,

Cak Arif

 

 

 

20 Tanggapan so far »

  1. 1

    Salam Cak Arif,

    saya asmadi dari subang jaya malaysia. tertarik pada cerita tuan melawat kebun bunga di sana. saya ingin sekali mendapat adress sesiapa yang ada berkebun bunga Heliconea di indonesia, sekiranya ada di pengetahuan tuan.

    sekiranya ada, dapat tuan hubungi saya d e mail adress: aa_inav@streamyx.com

    salam, asmadi

    Salam Dato Asmadi,
    Untuk alamat saya belum ada, karena bukan bidang saya tapi kalau ingin info lebih lanjut bisa buka webb Balai Penelitian tanaman LIPI Kebun Raya Purwodadi Pasuruan karena adik saya dulu penelitian disana dan spesies yang dikembangkan cukup banyak. Jadi bisa langsung cari info ke sana tapi saya akan berusaha mencarikan ino pedagangnya di daerah Batu Malang.

    Salam,
    Cak Arif

  2. 2

    syam said,

    saya punya kebun mawar untuk sekira o,5 ha, baru mulai berkembang, didaerah saya cuma laku Rp. 300 per bunga. sekarang setip hari menghasilkan sekitar 300 bunga. mohon saran bagaimana perlakuan / pupuk yang bisa menambah produksi bunga. trim.s

  3. 3

    Nur Haryanto said,

    Pak Mohon kontak pesonya kebun mawar , kalau mau order systemnya bagaimana.pengirimanya pakai apa
    salam
    nur Batam

  4. 4

    Cak Arif said,

    Wah makasih atas pertanyaannya,

    Akan saya carikan penjualnya, tapi biasanya yang terjadi pengiriman beberapa teman untuk daerah luar pulau dikirim langsung pakai truk atau yang lain gimana efisiennya, karena kalau pakai kontainer banyak yang mati katanya (karena saya sendiri belum pernah).

    Sehingga enak nantinya, baik komunikasi secara langsung dengan UKM nya. Dan untuk amannya UKM bunga minta DP terlebih dahulu untuk kepercayaanya katanya….

    Ok, saya usahakan mencari penjual bunga yang beberapa waktu lalu saya kunjungi bersama keluarga saya.

    Salam,
    Cak Arif

  5. 5

    Ciska said,

    Pak, saya tertarik membeli hasil Produksi Mawar darikebun Bapak.
    Mohon Contact Details & Quotation nya pak.
    Terima kasih
    Ciska

  6. 7

    Anto said,

    Teman -teman kalo mau privat / bimbel saya mau memberi tahukan kalo

    Ada tempat privat yang cukup murah
    namanya

    Mvprivate merupakan tempat Bimbel maupun private..

    dan di web ini anda dapat mendownload buku pelajaran, memesan cd translate, memesan cd soal, dll

    Klik aja http://mvprivate.net46.net

  7. 8

    Assalamualiakum wr. wb.
    tadi saya hanya berniat mencari gambar untuk header web Log STA yang baRu, tapi kemudian menemukan banyak pertanyaan tentang sentra tanaman hias Kota Batu. mungkin sesekali dapat berkunjung ke :
    Sub Terminal Agribisnis (STA) Tanaman Hias Kota Batu (Lembaga MIlik Pemkot BATU)
    Jl. Cemara KIpas Desa Sidomulyo Kota Batu
    Telp/Fax: 0341-5025076
    weblog: http://www.stabungabatu.wordpress.com
    website: http://www.statelekubatorbatu.com
    email: sta.sidomulyo@gmail.com
    kami juga melayani pemesanan dan pengiriman bunga pot dan potong. terima kasih

  8. 9

    novia said,

    malam mas arif

    seneng bgt yah liat kebun bunga mawarnya. novi jg berangan2 punya kebun mawar potong siapa tau bisa jadi masukan sampingan disamping buat nyenangin hati sendiri he….
    tapi masalahnya di pekanbaru(riau) sepertinya gak cocok yah buat nanam bunga mawar. yg ada di perkarangan rumah mawarnya biasa aja gak seperti di gambarnya mas diatas. bagaimana yah supaya mawar yg bagus2 itu bisa tumbuh subur di pekanbaru. karena udara disini lumayan panas.
    terimakasih, salam hangat

    novia

  9. 10

    Cak Arif said,

    Ya pilih aja mawar untuk daerah panas, karena bunga banyak jenisnya ada yang unt daerah tinggi, rendah dan suhunya berapa.

    Salam
    Cak Arif

  10. 11

    anes said,

    Saya ada rencana mau beli bunga untuk pesta perkawinan adek saya. acaranya di bengkulu, sumatra. tolong info no telp atau hp yang dapat saya hubungi. terima kasih

  11. 13

    faisal said,

    salam cak arif..
    saya berminat untuk berbisnis dengan anda..
    apakah saya bisa meminta nomor handphone yang bisa di hubungi..?
    saya faisal dari bukittinggi..

    • 14

      Cak Arif said,

      Saya bisnis kambing, tapi karena punya teman UKM ya silakan aja permintaan ke Saya Hp. 081 615 770 200 mohon maaf kalau sering gak Up date karena lagi sering di Kandang yang jauh dr Internet. Maaf ….

      Salam,
      Cak Arif

  12. 15

    faisal said,

    cak arif..
    kenapa tidak ada balasan…??

  13. 16

    Cak Arif said,

    Ok makasih

    Salam
    Cak Arif

  14. 17

    dr. Setya Budiono said,

    Yth. Cak Arif
    Saya ingin berkunjung ke kebun mawar Sampeyan, soalnya saya suka menanam mawar. Saya mulai mengumpulkan berbagai jenis mawar untuk saya tanam di rumah (Sidoarjo). Boleh ya..?

    Salam
    dr. Setya Budiono

  15. 18

    wien said,

    Saya ada kebun mawar di Lembang,Bandung , bagi yang ingin melihat lihat atau ingin berbisnis dengan saya bisa menghubungi saya di wilmafarm.lembang@gmail.com
    Kami kuga menyediakan jasa konsultasi untuk pembuatan greenhouse, mixing pupuk dan nutrisi, perawatan pra panen dll

  16. 19

    dyopw said,

    begini mas,saya ingin usaha jual bunga hidup untuk rangkaian,jadi kalau boleh saya pingin tahu alamat tempat untuk order bunganya dimana,bagaimana system pengiriman dan pembayarannya.tolang balas secepatnya tak tunggu sekarang.tq

    salam kenal

    Dyo Pw

  17. 20

    Bunga Papan said,

    Halo sobat arif malik, salam mesra dari negeri bunga


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

